Sabtu, 17 November 2012

Ulat Sagu "Makanan Khas" - Papua

Ulat Sagu

Wisata PapuaQ - Seperti halnya daerah lain, Papua juga memiliki makanan khas yang tak kalah menariknya untuk dicoba. Banyak orang mengenalnya sebagai ulat sagu.
   Makanan ini dipercaya oleh masyarakat suku Kamoro sebagai makanan yang bisa membuat mereka sehat karena kandungan vitaminnya yang tinggi.



 
  Umumnya, ulat sagu hidup pada batang sagu. Kelezatan makanan ini sendiri dipercaya justru dari telur yang menetas pasca batang pohon membusuk yang kemudian menyebabkan banyaknya kumbang yang bertelur disitu.        
     Mengambil ulat sagu dari batang pohon sagu biasanya dengan menggunakan alat tradisional seperti kapak untuk membelah belah batang pohon tadi. 
  
  Untuk cara penyajian ulat sagu ini, biasanya masyarakat di Papua ada yang langsung memakannya dalam keadaan mentah. Selain itu ulat sagu ini juga bisa disajikan dengan cara direbus yang kemudian disajikan dengan sambal, lalu ada juga yang digoreng, dan bisa juga dicampur dalam masakan seperti tumisan sayur.
    
      Ulat sagu ini juga kadang dibeberapa orang dibuat sebagai sate yang dinamakan sate ulat sagu Hidangan ini lezat dan gurih inipun kerap disebut "Manggia" oleh masyarakat setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar