Kamis, 15 November 2012

Goa Lokale Distrik Usilimo - Wamena

Goa Lokale Distrik Usilimo 

Wisata PapuaQ - Terletak di bawah kaki gunung, Distrik Usilimo menawarkan pesona alam indah nan hijau dengan objek wisata Goa. Tidak tanggung-tanggung, 2 objek wisata Goa yang terletak di distrik Usilimo diantaranya Goa Lokale dan Goa Sikepalki.

     Lokasi Objek Wisata Goa Lokale adalah sebuah goa yang cukup panjang kedalamannya dan hingga kini belum diketahui dengan pasti kedalamannya. Panorama stalaktit dan stalagmit yang merupakan bentukkan  dari proses CaCo3 yang menjadi batu kapur dan membentuk corong yang menonjol ke arah lantai goa.

    Ca(HCO3)2 yang merembes ke tanah menetes ke dasar goa dan terurai menjadi CaCO3, H2O dan CO2. Ca(HCO3)2 teruuuss menetes dan mengakibatkan penumpukan CaCO3 (CaCO3 mengendap). Nah, penumpukan CaCO3 inilah yang nantinya tumbuh sebagai stalagmit. Sedangkan stalagtit muncul karena Ca(HCO3)2 sudah terurai terlebih dahulu sebelum menetes ke dasar goa sehingga terjadi penumpukan CaCO3 di atap goa.
      Stalagtit adalah batu kapur yang tumbuh dari bagian atas goa menuju ke dasar goa, sedangkan stalagmit tumbuh menjulang dari dasar goa ke atas.
       Stalagtit dan stalagmit yang tumbuh di dalam goa umunya berwarna putih. Hal ini dikarenakan pengaruh atom Ca dalam CaCO3. Atom Ca yang tidak memiliki orbital d tidak memberikan warna yang khas / hanya putih saja.
    Jalan  masuk menuju lokasi Goa Lokale di Usilimo di tumbuhi pepohonan Pinus yang tinggi dengan taman peristirahatan yang sudah di bangun oleh pemilik lokasi tersebut, sehingga tidak saja menawarkan panorama goa yang dapat di kunjungi tetapi juga tempat berekrasi bersama rekan-rekan sekaligus menjadi objek wisata peristirahatan.
   Lokasi Wisata di tumbuhi pepohonan yang rimbun serta disediakan juga sekitar 12 pendopo kecil yang dapat di gunakan untuk bersantai bersama keluarga ataupun kerabat apalagi untuk bersantap siang bersama.Selain itu, disediakan pula lahan seluar 10x20m yang dapat digunakan untuk bermain games bersama-sama, khususnya jika Anda datang bersama anak-anak dan keluarga yang cukup besar.

  Tempat ini juga dapat dijadikan sebagai lokasi objek pemotretan bagi mereka yang suka dengan pemotretan di alam ataupun lansecap.


   Jarak lokasi Objek Wisata dari Jalan Raya sekitar  100m, yang dapat ditempuh dari jantung Kota Wamena menggunakan kendaraan roda dua maupun empat sekitar 20-30 menit. Kepuasan Anda, jaminan kami.

Anda tertarik, jadwalkan kunjungan Anda di Objek Wisata Goa Lokale Usilimo dan nikmati fasilitas lainnya. 



SUMBER : dinaspariwisatajayawijaya.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar