Sabtu, 17 November 2012

Museum Negeri Provinsi Papua - Jayapura

Museum Negeri Provinsi Papua 


Wisata PapuaQ - Museum Negeri Provinsi Papua berdiri tahun 1981 meski baru aktif sebagai museum tahun 1983 dan diresmikan tahun 1990. Berdiri seluas 26.042 m² 
dengan luas bangunan 524 m². Berlokasi di Jalan Raya Sentani Km 17,8 Waena Jayapura, Kelurahan Waena, Kecamatan Abepura, Kabupaten Jayapura.
     Di Museum ini terdapat 3.447 koleksi dengan status kepemilikan titipan ada 15 jumlah koleksi. Benda-benda tersebut meliputi benda geologi, biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, numismatik, keramik, fisiologi, seni rupa, peta, profil manusia, dan diorama.
     Koleksi museum sebagian besar merupakan benda-benda etnografis seperti perlengkapan upacara, teknologi tradisional, peralatan seniman, keramik dan patung, juga terdapat berbagai macam buku-buku perpustakaan.
      Salah satu tugas dan fungsi Museum Negeri Provinsi Papua adalah sebagai lembaga pendidikan dan studi wawasan budaya bangsa serta pusat iinformasi yang bersifat edukatif Kultur Papua. 
   Museum Negeri Provinsi Papua memiliki arsitektur khas rumah masyarakat Papua yang dipadukan dengan arsitektur model kini. Museum ini memiliki beberapa fasilitas penunjang dalam menyelenggarakan permuseuman, yaitu: Ruang Lobby, Ruang Pamer Tetap, Ruang Audiovisual, Ruang Kantor UPTD Museum beserta fasilitas penunjang lainnya, termasuk halaman museum yang sangat luas yang bisa dipergunakan untuk kegiatan pendukung permuseuman.
  Visi museum ini adalah “Terwujudnya kebudayaan vascoviguratif papua yang beradab dan lestari” dengan harapan adat budaya papua dapat menciptakan persatuan dan kesatuan serta mewujudkan kesejahteraan dan standar hidup yang lebih baik bagi masyarakatnya. 
    Temukan oleh-oleh khas seperti ukiran Papua yang dapat dibeli di Pasir Hamadi, 4 Km dari pusat kota Jayapura ke arah selatan dan dapat ditempuh dengan semua jenis kendaraan. 

Museum ini buka dengan jadwal:
Senin-Jumat : Pukul 08.00-16.00
Sabtu : Pukul 08.00-15.00
Minggu : Pukul 11.00-16.00

SUMBER : kekunaan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar