Jumat, 16 November 2012

Desa Arborek, "Raja Ampat " - Sorong

Desa  Arborek, Raja Ampat

Wisata PapuaQ -  Desa Arborek sebagai pelopor di antara 18 desa yang indah di Papua Barat yang telah memulai pengembangan konservasi lokal kekayaan laut berbasis masyarakat, Desa Arborek telah mendapatkan reputasi yang luar biasa diantara otoritas lokal dan masyarakat internasional. Dengan bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pusat penelitian, dan organisasi non-pemerintah, masyarakat lokal di desa ini telah berhasil merumuskan peraturan daerah, penamaan kawasan konservasi mereka yaitu, Mambarayup dan Indip.
      Untuk menemukan keindahan bawah laut tidak begitu sulit di sini. Sepanjang dermaga Arborek, para penyelam bisa langsung terjun ke air dan dengan mudah menemukan Gorgonia yang berkilauan tepat di bawah permukaan air. Orang-orang di Arborek yang ramah dan sangat rajin, menyalurkan kepekaan seni mereka dalam membuat kerajinan dari daun pandan laut yang luar biasa menarik. Arborek merupakan tempat yang menarik baik di bawah air maupun di daratannya sendiri.
  Dikenal sebagai Desa Wisata Arborek, masyarakatnya dikenal dengan kecakapan mereka dalam membuat kerajinan topi dan noken (tas tali). Tidak seperti kebanyakan wanita di desa-desa lain yang juga membantu suami mereka yang bekerja sebagai nelayan, hampir semua ibu di desa ini memproduksi kerajinan sebagai pekerjaan harian mereka. Meskipun mereka yakin bahwa dengan menangkap lobster dan memproduksi mutiara jauh lebih menguntungkan, namun mereka merasa membuat kerajinan terlihat lebih anggun untuk kaum perempuan. Ini adalah sebuah desa yang layak untuk dikunjungi. Hanya berjarak satu setengah jam dari Waisai, ibu kota Raja Ampat, setiap saat desa Arborek selalu siap menunggu pengunjung dari seluruh dunia, jadi datanglah. 
       Desa wisata ini tidak terlalu luas, luas areanya sekitar 7 hektar, sehingga tidak akan memakan banyak waktu dan energi untuk berkeliling di sekitar desa ini. Ada sekitar 150 keluarga yang tinggal di desa ini. Jika Anda tinggal di desa, berjalan mungkin adalah cara yang terbaik dalam liburan Anda. 
     Untuk snorkeling, Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh karena Anda bisa menemukan dunia bawah laut yang menarik di dermaga Arborek. Berjalan menyusuri jalan setapak desa merupakan pengalaman yang sulit untuk Anda tinggalkan, karena masyarakat setempat dan terutama anak-anaknya akan menyapa Anda dengan hangat dan berkenalan dengan Anda. 
    Untuk menyelam, akan memakan waktu sekitar 10 menit dengan 'katinting' atau perahu bermotor untuk menuju tempat penyelaman. Katinting ini kadang-kadang tersedia untuk disewa. Ada dua jenis katinting: satu dengan tenaga mesin yang lebih kecil dengan 15 tenaga kuda, dan mesin yang lebih besar dengan 40 tenaga kuda. Para nelayan lokal menggunakan katinting untuk menangkap ikan dengan jala tradisional dan tombak. 


  Lokasi ini cocok untuk snorkeling dan menyelam. Tapi Anda harus membawa perlengkapan menyelam dan peralatan snorkeling sendiri karena tidak tersedia tempat penyewaan di sini.





SUMBER : www.indonesia.travel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar