Selasa, 22 Maret 2011

Taman Nasional Teluk Cendrawasih -Manokwari

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Wisata PapuaQ - Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Papua/Irian Jaya, Indonesia. Teluk ini terdiri dari daratan dan pesisir pantai, daratan pulau-pulau, terumbu karang, dan perairan lautan.
      






       Teluk ini memiliki terumbu karang yang terbagi menjadi dua zona yaitu zona rataan terumbu (reef flat) dan zona lereng terumbu (reef slope). Jenis-jenis karang yang terdapat di Teluk ini yaitu koloni karang biru (Heliopora coerulea), karang hitam (Antiphates sp.), famili Faviidae dan Pectiniidae, serta berbagai jenis karang lunak.
     











      Namun, taman teluk ini juga terkenal kaya dengan jenis ikan yang tercatat kurang lebih 209 jenis ikan diantaranya butterflyfish, angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish, dan anemonefish.
    Jenis moluska antara lain keong cowries (Cypraea spp.), keong strombidae (Lambis spp.), keong kerucut (Conus spp.), triton terompet (Charonia tritonis),dan kima raksasa (Tridacna gigas). Selain itu, Anda juga dapat melihat empat jenis penyu yang berbeda yaitu penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu lekang (Lepidochelys olivaceae), dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea).

       Di Teluk Cendrawasih ini juga terdapat goa alam yang merupakan peninggalan zaman purba, sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di Pulau Misowaar.

Sumber :griyawisata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar